Home » » Cara Atasi Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Cara Atasi Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Cara mengatasi memori internal cepat penuh pada android - Memori internal atau media penyimpanan internal dalam ponsel android sangat lah di butuhkan. Kegunaan dari memori internal adalah untuk media penyimpanan non removable.

Memori internal tidak bisa di lepas seperti kartu memori atau Sd Card, yang dapat kita bongkar pasang. Dengan adanya memori internal, anda tidak perlu lagi untuk menambah kapasitas dengan memori external jika memori internal saja sudah lebih dari cukup.

Namun tidak ada salahnya juga jika anda ingin menambah dengan memori external pada ponsel android anda. yang ada bahkan penyimpanan menjadi lebih luas dan lapang sehingga tidak pusing untuk kehabisan memori.
Cara Atasi Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Namun menurut teman-teman saya, mereka sangat sering mengeluhkan bahwa memori internal lebih cepat penuh padahal aplikasi android tidak banyak melainkan hanya sedikit tetapi memori internal cepat penuh dengan sendirinya.

(!) Ada banyak hal yang dapat membuat memori internal pada android cepat penuh, salah satunya tidak adanya kartu memori atau memori external. Oleh sebab itu penyimpanan akan di paksa di simpan di memori internal seperti file sampah, file thumbnail, file aplikasi, chace.

Untuk itu, sebaiknya anda pasang memori external atau sd card pada ponsel android anda. Kemudian pindahkan aplikasi yang terinstal ke memori external. Hal, tersebut akan membuat banyak ruang pada penyimpanan internal ponsel anda.

(!!) Penuhnya memori internal dengan sendirinya bisa juga di akibatkan karena pada memori external atau memori internal kalian banyak isinya seperti gambar, foto, atau video. Karena file-file tersebut akan meninggalkan thumbnail di saat anda sudah melihatnya.

File thumbnail tersebut banyak tersimpan pada memori internal yang terdapat di dalam folder DCIM. Di dalam folder DCIM inilah file thumbnail banyak tersimpan dan ukurannyapun juga sangat besar semakin banyak file di android anda semakin banyak pula file thumbnail yang tersimpan.

Untuk itu silahkan kalian hapus file thumbnail di memori internal ponsel android anda, dengan cara buka aplikasi Berkas Manager atau File Manager dan pilih memori internal bukan memori external atau sd card, buka folder DCIM dan hapus folder Thumbnail.

(!!!) Yang membuat memori internal penuh dengan sendirinya yang selanjutnya adalah berkas sampah atau schace dari aplikasi yang terinstal dalam ponsel android anda. Setiap aplikasi yang anda jalankan pasti akan meninggalkan berkas sampah atau chace.

Untuk itu silahkan anda bersihkan sampah atau chace aplikasi pada android anda setiap 2 hari sekali. Anda bisa menggunakan aplikasi Speed Boster atau aplikasi Clean Master anda bisa download di google plasy store.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi memori internal pada android yang cepat penuh padahal aplikasi cuma sedikit.

5 komentar:

  1. bgaimana jika didalam folder DCIM tdk terdapat folder .thumbnail ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya ponsel Android ada folder .thumbnail mbak Ayu Arista ..
      Kalau boleh tahu hpnya apa ya?

      Delete
  2. terimakasih infonya berguna sekaliđź‘Ť

    ReplyDelete
  3. udah aku hapus thumbail nya tapi kok masih penuh, app nya cuma 4 lho, dan semuanya udah di pindah ke sd card, tapi tetep nggak bisa, ruang penyimpanannya sekarang cuma 4,3 MB. gimana nih
    mau Download speed boster tentu saja tidak bisa
    kasih saran ya?

    ReplyDelete

PERHATIAN !
1.Berkomentarlah dengan bijak karena pengunjung Blog hampir semua umur..!
2.Mohon maaf jika saya tidak bisa memjawab komentar.Karena keterbatasan pengetahuan...!
3.Jika ingin mengajukan pertanyaan harap lihat pertanyaan yang dudah di publish supaya tidak terjadi pertanyaan ganda...!
4.Segala komentar yang menjurus ke S*ra,P*rn*grafi,iklan berlebihan dan konten sensitif lainnya.Akan di hapus tanpa pembeitahuan terlebih dahulu.

Menarik Lainnya

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]